Senjata Api adalah hal yang "tabu" ?


February 25, 2016

Senjata api hal yang tabu di masyarakat Indonesia ? Melihat dari judulnya saja, mungkin akan langsung menarik beberapa pembaca diantara kita. Senjata Api (Senpi) bukanlah hal yang lazim di mata umum orang Indonesia. Hanya beberapa kalangan saja yang mempunyai privilege untuk memilikinya, diantaranya : anggota penegak hukum, militer dan pejabat dan VIP (sekelas Direktur Utama institusi finansial dsb).

Dari semenjak kita kecil, dimana orang tua kita pada umumnya mengasosiasikan "Senjata" dengan hal- hal yang berbau kekerasaan, kejahatan, penindasan dan hal-hal negatif lainnya. Dari dahulu juga, kepemilikan dan penggunaan Senpi sudah diatur di dalam UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 yang merestriksikan sipil untuk mempunyainya.

Lalu paradigma orang Indonesia tentang Senpi pun menjadi sesuatu hal yang menakutkan dan patut dijauhi, karena mindset kita sudah terfiksasi oleh "doktrin" maupun "traumatic opinions" dari masyarakat sekitar. Dan apabila kita tertarik bahkan untuk memperbincangkannya saja, kita akan mendapat gelar "orang aneh" ataupun yang lebih parah "orang jahat".. dan pada kalimat penutup perbincangan pasti ada kata "ngeri banget sih lo !"

Terus terang, saya sudah beribu- ribu kali mendapatkan cercaan tersebut apabila saya cerita ke teman- teman sekitar saya tentang indahnya Senpi. 

Betul, saya bilang 'Indahnya'. Senpi adalah alat yang dapat melukai orang, selama si pemegang mempunyai niat untuk melukai orang tersebut. Sama halnya seperti pisau, silet, pentungan, garpu, sendok, panci, sumpit, bola kasti, boneka, sepatu dan sapu butut tetangga anda. Yang salah adalah mentalitas si pemegang Senpi tersebut, dan bukan mediumnya. Medium tersebut hanyalah alat yang menunggu perintah dari si "pemegang" alat tersebut. Selama mentalitas dan unjuk pikir si pemegang salah, maka pemakaian Senpi tersebut akan salah kaprah dimanapun dan kapanpun, dengan alasan apapun, baik secara normatif maupun hukum.

Saya bilang "Indah", karena Senpi merupakan hasil kreasi dan manipulasi engineering dari suatu mahakarya manusia. Saya selalu terkagum- kagum dengan mekanisme yang diciptakan di dalam suatu dentuman ledakan mesiu, setelah pelatuk ditarik, belum lagi saat projectile terlempar ke depan menghempas target. Tentunya saya lakukan semua itu di shooting range yang legal.

Semua itu dikemas dalam suatu paket "kesenangan batin" dalam penggunaan Senpi, oleh karena itu kita harus melihat Senpi dari sisi yang berbeda, dan dengan mindset yang sehat. Kita harus menjadikan hal tersebut suatu olah mental dan fisik. Karena hanya dari situlah kita bisa mengoptimalkan keagungan daripada Senpi itu sendiri. Hal yang sama dirasakan oleh pecinta airsoft gun. Betul?

Banyak juga positif yang kita dapatkan dari olahraga menggunakan Senpi. Saya tidak bisa sebutkan satu- satu, karena ini akan menjadi blog yang panjang sekali dan saya akan membuat kalian bosan. Tetapi salah satunya adalah melatih fokus dan ketenangan diri. Apabila anda memulai menembak sasaran, anda HARUS menjadi kepribadian yang lain, dan disitulah kita melatih ketengangan dan kesabaran kita. Hal positif lainnya : It's so damnnn fun !!! :D

Saya tidak ingin memprovokasi anda sebagai masyarakat Indonesia untuk berpihak kepada Senpi. Itu adalah hak asasi anda untuk memilih. Tetapi saya hanya ingin mengajak anda untuk sedikit melihat sudut pandang yang tabu mengenai Senpi.

So, open your mind and see things from the other side... positively. 

Tentunya, saya sebagai masyarakat yang taat pada hukum, saya harus mengajak anda untuk mematuhi Hukum tentang penggunaan sejata api di Indonesia. Dan tentunya saya mengutuk perbuatan penyalah gunaan Senpi (maupun airgun), dari mulai untuk melukai orang, aksi teror, sampai gaya- gayaan di jalanan (baca : sok jagoan kayak di film- film Hollywood) 

So, thanks for reading this blog... I'll see you next time dalam blog berikutnya. Stay safe, have fun shooting !

- J.Suselo-

 

 



Leave a comment

Comments will be approved before showing up.


Also in Blog News

Weapon Malfunction Clearing - Quick or deliberate ?
Weapon Malfunction Clearing - Quick or deliberate ?

September 06, 2019

The moment when you hear that "click" sound, while you still have couple of rounds in the mag

Read More

12 Ways To Survive Armed Robbery
12 Ways To Survive Armed Robbery

September 06, 2019

Situational Awareness ! Perhaps, this is the most important element of all ! Stop fiddling around with your gadgets, phones, tablet etc, and pay attention...

Read More

The First Chapter Of Our Business
The First Chapter Of Our Business

February 17, 2016

Pax Militari was established in 2016, as Indonesia's owned company in holster fabricator and customization. Driven by passion of creating work of arts...

Read More